GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Game edukasi
sebagai media pembelajaran
Seberapa menarik
permainan atau game edukasi pada pendidikan?
Game edukasi
pasti akan sangat menarik untuk digunakan pada pembelajaran karena salah satu
kelebihan dari game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata,
dan sebuah penelitian mengatakan bahwa game sangat berguna untuk meningkatkan
logika dan pemahaman.
Game edukasi
juga unggul dalam beberapa aspek jika sibandingkan dengan metode pembelajran
konvensional, salah satunya karena adanya animasi yang dapat meningkatkan daya
ingat anak sehingga dapat menyimpan materi pelajaran dalam waktu yang lebih
lama dibandingkan dengan metode pembelajaran konvesional.
Pembalajaran
seperti ini juga untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga ilmu yang
dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, lalu tujuan edukasi
ini dapat digunakan sebagai salah satu edukasi yang memiliki pola pembelajaran
learning by doing.
Dampak penggunaan
game edukasi pada pendidikan
Walaupun metode
ini memiliki keunggulan namun da juga dampak yang diakibat kan pada metode
tersebut pada pembelajaran, berikut dampak positif dan negatif yang disebabkan
dari penggunaan game pada pendidikan:
Dampak positif yang dihasilkan
1. Meningkatkan daya ingat dan logika
pemahaman
2. Pengajar akan lebih mudah dijelaskan
materi yang akan disampaikan pada siswa/i
3. Tidak monoton karena lebih banyak melihat animasi dan visual yang menarik
Dampak negatif yang dihasilkan
1.akan berkurangnya minat baca karena cukup melihat visual
saja
2.penggunaan buku akan berkurang dan lebih mengandalkan alat
seperti handphone dan elektronik lainya
3.jika dilakukan berlebih akan berdampak pada mata karena
terlalu lama melihat sinar dari elektronik
Tapi dengan
ini apakah akan berpengaruh pada generasi berikutnya?
Pastinya iya karena nantinya mereka mungkin akan terbiasa
melakukan pembelajaran seperti ini dan juga mungkin akan dilanjutkan oleh
generasi berikutnya lalu itu juga akan berdampak buruk pada generasi seterusnya
jika dilakukan secara berlebihan namun juga berdampak baik untuk pembentukan
generasi sekarang yang sudah memasuki era serba digital walaupun belum semua
akan merasakan pembelajaran seperti ini nanti ada waktunya disaat era digital
sudah merata di seluruh Indonesia
Apa dengan
ini dapat memajukan SDM pada generasi berikutnya?
Semoga saja dengan pembelajaran
seperti ini dapat memajukan SDM pada generasi berikutnya atau setidaknya
menikan standart yang ada agar Indonesia bisa lebih maju lagi kedepannya
Kesimpulan
Pada akhirnya tidak ada metode
sempurna pada pembelajaran meskipun sudah memasuki era digital bukan berarti
kita harus meninggalkan apa yang sudah ada malah kita harus menyeimbanginya
agar tidak berlebihan dan mengakibatkan kesalahan besar yang berdampak pada
masa depan nantinya.
Sumber:
https://www.bing.com/ck/a?!&&p=0d1514bb5f0994c3JmltdHM9MTcxMDcyMDAwMCZpZ3VpZD0yNTQ5NTA3MC0xYzA5LTYwMjctMzRjYi00NDM3MWQ3NjYxNmUmaW5zaWQ9NTI0OQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=25495070-1c09-6027-34cb-44371d76616e&psq=jurnal+tentang+perkembangan+game+pada+pendidikan&u=a1aHR0cHM6Ly9jb3JlLmFjLnVrL2Rvd25sb2FkL3BkZi8yOTUzNTA5MzMucGRm&ntb=1
Komentar
Posting Komentar