GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 

Game edukasi sebagai media pembelajaran

 

Seberapa menarik permainan atau game edukasi pada pendidikan?

 

Game edukasi pasti akan sangat menarik untuk digunakan pada pembelajaran karena salah satu kelebihan dari game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata, dan sebuah penelitian mengatakan bahwa game sangat berguna untuk meningkatkan logika dan pemahaman.

 

Game edukasi juga unggul dalam beberapa aspek jika sibandingkan dengan metode pembelajran konvensional, salah satunya karena adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat anak sehingga dapat menyimpan materi pelajaran dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pembelajaran konvesional.

 

Pembalajaran seperti ini juga untuk mensimulasikan permasalahan yang ada sehingga ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, lalu tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing.

 

Dampak penggunaan game edukasi pada pendidikan

 

Walaupun metode ini memiliki keunggulan namun da juga dampak yang diakibat kan pada metode tersebut pada pembelajaran, berikut dampak positif dan negatif yang disebabkan dari penggunaan game pada pendidikan:

 

          Dampak positif yang dihasilkan

 

1.     Meningkatkan daya ingat dan logika pemahaman

2.     Pengajar akan lebih mudah dijelaskan materi yang akan disampaikan pada siswa/i

3.     Tidak monoton karena lebih banyak melihat animasi dan visual yang menarik


Dampak negatif yang dihasilkan


1.akan berkurangnya minat baca karena cukup melihat visual saja

2.penggunaan buku akan berkurang dan lebih mengandalkan alat seperti handphone dan elektronik lainya

3.jika dilakukan berlebih akan berdampak pada mata karena terlalu lama melihat sinar dari elektronik

 

Tapi dengan ini apakah akan berpengaruh pada generasi berikutnya?

Pastinya iya karena nantinya mereka mungkin akan terbiasa melakukan pembelajaran seperti ini dan juga mungkin akan dilanjutkan oleh generasi berikutnya lalu itu juga akan berdampak buruk pada generasi seterusnya jika dilakukan secara berlebihan namun juga berdampak baik untuk pembentukan generasi sekarang yang sudah memasuki era serba digital walaupun belum semua akan merasakan pembelajaran seperti ini nanti ada waktunya disaat era digital sudah merata di seluruh Indonesia

 

Apa dengan ini dapat memajukan SDM pada generasi berikutnya?

            Semoga saja dengan pembelajaran seperti ini dapat memajukan SDM pada generasi berikutnya atau setidaknya menikan standart yang ada agar Indonesia bisa lebih maju lagi kedepannya

 

Kesimpulan

            Pada akhirnya tidak ada metode sempurna pada pembelajaran meskipun sudah memasuki era digital bukan berarti kita harus meninggalkan apa yang sudah ada malah kita harus menyeimbanginya agar tidak berlebihan dan mengakibatkan kesalahan besar yang berdampak pada masa depan nantinya.

 

Sumber:

https://www.bing.com/ck/a?!&&p=de5576db15ccb3fbJmltdHM9MTcxMDcyMDAwMCZpZ3VpZD0yNTQ5NTA3MC0xYzA5LTYwMjctMzRjYi00NDM3MWQ3NjYxNmUmaW5zaWQ9NTIwMw&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=25495070-1c09-6027-34cb-44371d76616e&psq=jurnal+tentang+perkembangan+game+pada+pendidikan&u=a1aHR0cHM6Ly9qb3VybmFsLnN0dWRlbnQudW55LmFjLmlkL29qcy9pbmRleC5waHAvbWVrYXRyb25pa2EvYXJ0aWNsZS9kb3dubG9hZC84NjQxL3BkZg&ntb=1

 

https://www.researchgate.net/publication/328495779_Game_Edukasi_Sebagai_Media_Pembelajaran_Pendidikan_Anak_Usia_Dini/link/5bd168c145851537f5990278/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

 

https://www.bing.com/ck/a?!&&p=0d1514bb5f0994c3JmltdHM9MTcxMDcyMDAwMCZpZ3VpZD0yNTQ5NTA3MC0xYzA5LTYwMjctMzRjYi00NDM3MWQ3NjYxNmUmaW5zaWQ9NTI0OQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=25495070-1c09-6027-34cb-44371d76616e&psq=jurnal+tentang+perkembangan+game+pada+pendidikan&u=a1aHR0cHM6Ly9jb3JlLmFjLnVrL2Rvd25sb2FkL3BkZi8yOTUzNTA5MzMucGRm&ntb=1

Komentar